4 Jenis Pilihan Tempat Duduk Bayi Car Seat (Kursi Bayi di Mobil) yang Aman dan Nyaman - bolsud.info Berita Update

Kamis, 19 November 2020

4 Jenis Pilihan Tempat Duduk Bayi Car Seat (Kursi Bayi di Mobil) yang Aman dan Nyaman



Tempat Duduk Bayi Car Seat (Kursi Bayi di Mobil) - Berkendara dengan mobil bersama si buah hati memang menjadi pengalaman menarik tersendiri karena hal tersebut merupakan kesempatan yang baik bagi bayi untuk mengenal dunia luar. Tetapi sebelum berkendara Orang tua harus mengetahui tempat duduk yang tepat ketika di dalam mobil. Bunda memang bisa memangku si kecil sepanjang jalan,tetapi terdapat cara lain yang bisa digunakan baik ketika duduk di mobil yaitu dengan memanfaatkan car seat atau kursi bayi di dalam mobil yang sudah pasti lebih aman dan nyaman untuk bayi. 

Car seat sangat penting supaya bayi tidak terpental ke arah depan. Penggunaan car seat dibutuhkan demi menjaga keamanan bayi ketika berpergian dengan mobil. Penggunaan car seat untuk bayi juga dapat meminimalkan potensi beraturan apabila terjadi kecelakaan. Tetapi sebelum menggunakannya, para orang tua harus mengenali terlebih dahulu berbagai macam dengan kursi bayi di mobil sesuai kebutuhan sang buah hati.

Pilihan Jenis Car Seat (Kursi Bayi di Mobil)

  1. Infant car seat

Jenis kursi bayi di mobil ini memang dirancang sesuai namanya yaitu untuk dipakai oleh bayi sampai usianya menginjak 2 tahun. Kursi bayi ini memiliki perberbedaan bila dibandingkan dengan kursi bayi pada umumnya, hal ini disebabkan kursi bayi di mobil yang satu ini hanya bisa dipakai dengan posisi menghadap ke belakang atau rear-facing position yaitu berlawanan dengan posisi duduk.

Kelebihan dari jenis kursi bayi ini yaitu dapat dikeluarkan dari mobil tanpa harus melepas tali pengaman yang melingkari tubuh bayi atau bahkan tanpa menggunakan bayi apabila ia sedang tidur. maksimal berat bayi yang bisa di topang oleh kursi bayi ini sekitar 13 sampai 27 kg.

  1. Convertible car seat

Jenis kursi bayi di mobil ini ditujukan untuk anak berusia sebelum 2 tahun tetapi memiliki berat badan yang melebihi batas maksimal dari infant car seat yaitu apabila melebihi 27 kg. Tata letak convertible car seat yang digunakan tetap akan ditempatkan menghadap ke belakang sesuai dengan anjuran untuk bayi yang usianya kurang dari 2 tahun.

Tetapi apabila usia bayi sudah memasuki tahun ketiga maka orang tua bisa mengembalikan posisi kursi bayi sehingga menghadap ke depan. Hanya saja jenis kursi bayi ini sedikit berbeda dengan infant car seat yang bisa dengan mudah dipindahkan. Jenis kursi mobil bayi ini tidak dirancang untuk dipindahkan dengan mudah dari satu tempat ke tempat lain. Berat maksimal yang bisa di topang oleh kursi bayi ini sekitar 27 sampai 45 kg.

  1. Booster seat

Jenis kursi mobil yang satu ini bisa digunakan ketika anak telah berusia lebih dari 3 tahun dengan minimal berat yaitu sekitar 30 sampai 40 kg. Dengan begitu booster seat bisa digunakan sampai anak berusia 13 tahun. Kursi mobil ini dipasang menghadap ke depan yang dilengkapi dengan sabuk pengaman sendiri. Setelah anak lebih besar dari ukuran kursi mobilnya maka mereka diperlukan kursi penguat untuk membantu memasang kursi serta sabuk pengaman mobil dengan baik sampai tingginya lebih dari 145 cm.

  1. All in one car seat

Jenis car seat ini mempunyai kelebihan yaitu dengan menggabungkan seluruh fungsi dari tiga jenis car seat sebelumnya. Itu artinya kursi bayi ini lebih multifungsi sehingga bisa terus dipakai tanpa harus diganti sejak usia anak dibawah 2 tahun sampai ia beranjak dewasa dan mulai bisa duduk sendiri dengan sabuk pengaman.

Itulah 4 jenis car seat yang bisa orang tua pilih untuk menempatkan bayi di mobil supaya aman dan nyaman. Semoga bermanfaat!

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda